Cara Menghemat Penggunaan Listrik di Rumah

  1. Matikan perangkat listrik yang tidak digunakan: Pastikan untuk mematikan semua perangkat listrik yang tidak digunakan seperti lampu, televisi, komputer, charger gadget, dan peralatan dapur setelah selesai digunakan.

  2. Gunakan peralatan listrik hemat energi: Pilihlah peralatan listrik yang memiliki label energi star atau yang hemat energi. Perangkat ini dirancang untuk mengurangi penggunaan listrik dan dapat membantu mengurangi biaya tagihan listrik bulanan.

  3. Gunakan lampu LED: Lampu LED lebih hemat energi dan dapat bertahan hingga 25 kali lebih lama daripada lampu pijar biasa.

  4. Pasang sensor gerak: Pasang sensor gerak untuk lampu luar dan dalam ruangan. Sensor gerak akan mengaktifkan lampu hanya saat dibutuhkan dan mematikan lampu ketika tidak ada orang di sekitarnya.

  5. Gunakan pengatur suhu ruangan: Pasang pengatur suhu ruangan untuk mengurangi penggunaan AC atau pemanas. Jangan menyetel suhu terlalu rendah atau terlalu tinggi agar tidak boros listrik.

  6. Perbaiki kebocoran listrik: Periksa instalasi kelistrikan rumah dan perbaiki kebocoran listrik. Hal ini dapat membantu mengurangi penggunaan listrik dan mencegah bahaya kebakaran.

  7. Gunakan energi matahari: Gunakan energi matahari untuk penerangan ruangan dan air panas. Pasang panel surya atau lampu solar untuk menghemat biaya listrik.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menghemat penggunaan listrik di rumah dan mencegah tagihan listrik yang membengkak.

Facebook
Twitter
WhatsApp

JagoanListrikID

Sebagai platform online yang menyediakan berbagai jasa instalasi listrik, JagoanListrikID hadir menjadi solusi kelistrikan Anda dengan pelayanan yang cepat, aman, profesional, serta bergaransi.

Hubungi Kami

Office

Copyright ©2023 – JagoanListrikID | Powered by Tigalaksana

Whatsapp
Whatsapp
Halo, Ada yang bisa kami bantu?